Minggu, 30 September 2012

KOMUNIKASI KESEHATAN MASSA Atau PROMOSI KESEHATAN


Materi :Komunikasi
Pelajaran :Komunikasi Kes. Masyarakat
Guru Pengajar :Herliyana Isnaeni, S.Psi, M.Psi, Psi
Nama Siswa :A'an Dwi Malinda
NIS :043/043.076
Kelas :XI
Program Keahlian :Keperawatan

Bagan Komunikasi Kesehatan


 
Promosi Kesehatan

            Kegiatan / Usaha menyampaikan pesan kesehatan kepada Masyarakat, Kelompok/Individu sehingga mereka dapat memperoleh pengetahuan ttg kesehatan dan membawa perubahan perilaku.  Perilaku tdk sehat mjd sehat



SASARAN & METODE KOMUNIKASI KESEHATAN

1. INDIVIDUAL
Pendekatan dilakukan secara perorangan. Bisa pada yang bersangkutan maupun kepada suami/istri/keluarga. Pendekatan Individual dilakukan krn setiap org memiliki masalah yg berbeda2.
METODE :



  1. Bimbingan & Penyuluhan/KONSELING (Empati)
Kontak antara petugas kesehatan dgn klien lebih intensif, shg masalah yg dihadapi klien lbh mudah dibantu penyelesaiannya, dan mengarah pd perubahan perilaku

       b. Wawancara/Interview

Menggali informasi ttg pengetahuan klien, mengapa klien blm berperilaku sehat, dll

2. KELOMPOK
a.Kelompok Besar : Peserta > 15 orang
METODE :

       Ceramah : Baik jika sasaran/peserta memiliki pendidikan tinggi/rendah. Petugas harus menguasai materi. Materi disusun dlm diagram/skema scr sistematis. Petugas menyiapkan alat2 sprti slide/LCD/dll
       Seminar : Cocok utk kelompok besar dgn pendidikan min.Menengah keatas. Seminar adlh penyajian presentasi dri satu ahli/bbrp ahli ttg suatu topik penting yg sedang hangat dibicarakan dimasyarakat.

b.Kelompok Kecil : Peserta < 15
METODE :

       Diskusi kelompok : Formasi duduk peserta diatur, misalnya berhadap2an/melingkar. Petugas diskusi duduk diantara peserta, shg lebih menyatu dan bisa terbuka dlm mengeluarkan pendapat. Pemimpin kelompok/petugas harus mengarahkan agar diskusi berjalan lancar dan hidup, tanpa ada dominasi dari salah satu peserta.
       Curah Pendapat/Brainstoming : Psinsipnya sama dgn diskusi kelompok. Bedanya, Petugas/pemimpin memancing dgn satu masalah kmd tiap peserta memberikan jawaban/tanggapan. Jawaban/tanggapan tsb ditulis di FLIPCHART/PAPAN. Kmd di diskusikan.
3. MASSA
       Pendekatan Massa ini cocok jika sasarannya bersifat umum, tdk dibedakan jenis kelamin, umur, pekerjaan dll. Pesan yg disampaikan harus dirancang shg mudah diterima. Media yg digunakan adlh media massa seperti Koran, majalah, brosur, spanduk, pamflet, radio, TV dll.
METODE :


  1. Ceramah umum/Publik speaking : Misalnya dilakukan oleh menteri kesehatan, kepala dinas kesehatan dll.
  2. Pidato melalui media elektronik
  3. Simulasi : Dialog antara pasien dgn dokter/dgn petugas kesehatan.
  4. Tayangan TV/Film
  5. Billboard/Tulisan2 yg dipasang di jalan2 sbg ajakan/seruan (Poster, baliho, spanduk dll)
    ALAT BANTU/MEDIA/PERAGA

           Adlh : Alat yg digunakan utk menyampaikan pesan/informasi utk memperjelas/mempermudah pemahaman peserta/sasaran.
           MACAM2NYA :

    1. Kata2/Tulisan : Baliho, poster, spanduk, pamflet dll
    2. Gambar2 : Baliho, poster, spanduk, pamflet dll
    3. Rekaman Suara, Radio
    4. Film/TV
    5. Iklan Radio/TV
    6. Field Trip
    7. Demonstrasi
    8. Benda Asli
    9. Benda tiruan
    10. Kliping, Koran, majalah dll
      MANFAAT ALAT BANTU/MEDIA/PERAGA.

      1. Menimbulkan minat peserta/sasaran/klien
      2.Mencapai sasaran/target lbh banyak
      3.Mempermudah pemahaman
      4.Memicu utk meneruskan pesan itu pd orang lain
      5.Mendorong peserta/orang/klien utk tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak


      JENIS-JENIS ALAT BANTU/MEDIA

      Ada 2 :
      a.       Yg diproyeksikan : Slide/Film
      b.      Tdk diproyeksikan : Gambar, Peta, Bola, Spanduk/Poster, pamflet, Boneka/Alat/benda asli/tiruan
      2.        Audio : Melalui indera pendengaran
      Mis : Radio dll
              3. Visual Audio : Menggabungkan pendengaran dan penglihatan
      Mis:       TV/Film/Iklan

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar